Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri atau Force Close

Seringkali pengguna Android cukup kesal saat tahu bahwa aplikasi yang digunakannya tiba-tiba keluar sendiri. Jika kamu pun mengalaminya, tenang saja. Masih ada banyak cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang bisa dilakukan.

Aplikasi yang keluar sendiri atau force close bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja system yang tidak mendukung, aplikasi yang sudah out of date, atau memang aplikasinya bermasalah.

Selain itu masalah spesifikasi ponsel yang kurang memadai juga bisa jadi alasan atau penyebab mengapa aplikasi yang dibuka bisa keluar sendiri atau mengalami force close.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Nah, jika kamu ingin mengatasi masalah aplikasi keluar sendiri memang ada beberapa cara atau metode yang bisa kamu coba. Berikut ini sejumlah metode tersebut:

  1. Tutup Semua Aplikasi yang Kamu Jalankan

Cara pertama yang bisa kamu coba yakni bisa dengan menutup semua aplikasi yang sedang dijalankan. Biasanya ada beberapa aplikasi yang sebelumnya dibuka tapi masih lupa kamu tutup.

Aplikasi tersebut akan berjalan di latar belakang. Nantinya aplikasi itu akan memberatkan atau membebani RAM. Nah, agar aplikasi nggak force close lagi coba deh tutup dulu aplikasi yang ada di latar belakang.

Dengan begitu RAM tidak akan bekerja secara berlebihan. Setelah menutup aplikasi yang ada di latar belakang, coba lagi untuk menjalankan aplikasi yang awalnya bermasalah.

Nantinya biasanya akan Kembali normal dan tidak lagi force close secara tiba-tiba. Kalau masih belum bisa, tenang. Masih ada cara lain buat mengatasi force close.

  1. Restart Perangkat Android

Jika dengan cara pertama masih belum bisa, kamu bisa mencoba memuat ulang, restart atau reboot perangkat Android yang kamu gunakan.

Hal ini bisa kamu lakukan karena mungkin ada system dan aplikasi yang crash atau tidak berjalan dengan stabil dan menyebabkan aplikasi tersebut keluar sendiri.

Kamu bisa tekan tombol power beberapa saat sampai ada pilihan Reboot, Restart, atau Muat Ulang untuk melakukannya. Kamu pun bisa langsung mematikan ponsel dan menghidupkannya lagi. Setelah itu coba lagi buka aplikasinya siapa tahu sudah bisa digunakan.

  1. Update Sistem dan Aplikasi

Selanjutnya kamu juga bisa memperbaharui system dan juga aplikasi buat memperbaiki aplikasi yang tiba-tiba force close. Mungkin saja aplikasi tersebut memang sedang butuh pembaruan.

Kadang pihak pengembang juga mengharuskan setiap pengguna buat memperbarui aplikasi supaya aplikasi jadi lebih stabil dan juga lebih optimal saat digunakan. Perbaikan bugs dan penambahan fitur hanya bisa terjadi saat kamu sudah memperbarui aplikasi.

Guna melakukannya, bisa lakukan langkah ini:

  • Buka menu Setelan.

  • Pilih Tentang Ponsel

  • Pilih Pembaruan Sistem.

  • Kalau ada versi system paling baru, coba update.

  • Tunggu sampai selesai.

Sedangkan jika ingin mengupdate aplikasi yang kamu download, bisa langsung lewat Google Play Store saja.

  1. Bersihkan File Cache pada Sistem dan Aplikasi

Penumpukan file sementara yang ada di memori internal dan nggak pernah dibersihkan bisa menyebabkan masalah di system dan juga aplikasi. Salah satunya adalah keluar sendiri atau force close.

Guna menghindari masalah ini, baiknya bersihkan file sementara atau temporary file demi bisa mengoptimalkan fungsi dari perangkat ataupun aplikasi perangkat yang sudah disediakan produsen perangkat.

Penutup

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu coba buat mengatasi masalah force close yang terjadi pada aplikasi. Semoga membantu.